Masih Pandemi, SD Muhammadiyah Ponorogo Laksanakan MPLS Secara Daring

Di masa pandemi Covid-19 sekaligus PPKM Darurat, pemerintah pusat belum mengizinkan diberlakukannya sekolah tatap muka. Meskipun dengan kondisi seperti ini tahun ajaran baru 2021/2022 tetap dimulai dan dilaksanakan. SD Muhammadiyah Ponorogo mengawali kegiatan tahun ajaran baru dengan melaksanakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) secara daring selama tiga hari, mulai Senin, 12 Juli 2021 sampai Rabu, 14 Juli 2021.

Kegiatan MPLS memberikan pengalaman baru bagi siswa, teman baru, bapak ibu guru baru serta tentunya lingkungan baru. Begitupula SD Muhammadiyah Ponorogo, biasanya sebelum masa pandemi Covid-19 MPLS dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan dan berkesan. Namun, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat MPLS yang biasanya dilakukan di sekolah kini dilakukan secara daring. SD Muhammadiyah Ponorogo tetap mengemas kegiatan MPLS dengan sangat menarik.

Dihari pertama wali kelas membuka kegiatan MPLS dengan sangat bersemangat dan mengajak siswa untuk mengikuti kegiatan dengan aktif meskipun secara daring. Selanjutnya pemutaran video sambutan kepala SD Muhammadiyah Ponorogo, wali kelas dan siswa nobar via zoom. Ucapan selamat dari Kepala SD Muhammadiyah Ponorogo Ibu Hj. Hartiningsih, S.Pd untuk kelas satu baru yang sudah bergabung di SD Muhammadiyah Ponorogo, serta harapan untuk kelas dua sampai kelas enam supaya terus meningkatkan belajarnya dan bisa terus berprestasi menjadi inti dari sambutan ini. Setelah itu dilanjutkan perkenalan wali kelas baru dan seluruh siswa di kelas tersebut.

Dihari kedua wali kelas menyapa seluruh siswa dengan bersemangat dan saling berkomunikasi dengan menanyakan kabar. Dilanjutkan pemutaran video fasilitas sekolah serta pembacaan kontrak belajar, wali kelas dan siswa nobar via zoom. Di video fasilitas sekolah ini, siswa dikenalkan dengan beberapa fasililtas yang ada di SD Muhammadiyah Ponorogo seperti ruang kelas ber-AC, pojok baca di setiap kelas, beberapa ruang laboratorium serta fasilitas di dalamnya, ruang perpustakaan, ruang BK (Bimbingan Konseling), dan masih banyak lagi.

Dihari ketiga wali kelas tetap menyapa seluruh siswa dengan semangat dan saling bertukar kabar. Selanjutnya ada pemutaran video pengenalan ekstrakurikuler, dalam video ini menjelaskan ekstrakurikuler yang ada di SD Muhammadiyah Ponorogo seperti tartil, musik, drumband, robotik, dan masih banyak lagi serta prestasi-prestasi yang diraih oleh siswa-siswi SD Muhammadiyah Ponorogo. Setelah pemutaran video wali kelas menjelaskan masing-masing dari ekstrakurikuler kepada para siswa. Wali kelas memberikan motivasi pada seluruh siswa supaya bersemangat meskipun belum bisa tatap muka, serta mengingatkan seluruh siswa untuk tetap menjaga kesehatan dan patuh pada protokol kesehatan.

Ketua pelaksana MPLS sekaligus waka kesiswaan, Krisbiantoro, S.Pd berharap dengan MPLS yang dilakukan selama tiga hari ini, siswa bisa melatih mental disiplin, dan juga bisa mempererat tali persaudaraan dengan sesama teman. Tujuan yang lain dari MPLS ini adalah menjadi sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah ini, serta seluruh fasilitas, dan kegiatan yang ada.

Beerikut video Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
1. Video Sambutan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Ponorogo link: https://www.youtube.com/watch?v=MEbY-RNJ7dI
2. Video pengenalan Fasilitas – fasilitas sekolah pendukung sarana pembelajaran Link : https://www.youtube.com/watch?v=hsN9EdXOUrs
3. Video pengenalan Ektrakurikuler di SD Muhammadiyah ponorogo Link :https://www.youtube.com/watch?v=siSsGUYXyu8

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.