KESERUAN WARGA SD MUHAMMADIYAH PONOROGO, MENYAMBUT HARI RAYA IDUL ADHA 1442H

Gema takbir telah berkumandang, menandakan Hari Raya Idul Adha 1442 H telah tiba. Seperti biasa, masyarakat sangat antusias untuk menyambutnya. Tak terkecuali warga SD Muhammadiyah Ponorogo. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid 19, warga sekolah melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Hewan qurban yang disembelih berupa 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Beberapa dari guru, karyawan, dan wali murid ikut serta untuk berqurban. Pihak sekolah juga mengajak siswa untuk belajar bersedekah atau berqurban. Kegiatan siswa tersebut disebut belajar qurban atau latihan qurban dikarenakan iuran antar siswa dengan jumlah ratusan anak untuk membeli sapi atau kambing belum bisa disebut dengan ibadah qurban.
Kegiatan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 21 Juli 2021 yang dilaksanakan mulai pukul 06.00 WIB – selesai. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lingkungan SD Muhammadiyah Ponorogo. Demi kelancaran kegiatan Hari Raya Idul Adha di SD Muhammadiyah, maka pihak sekolah membentuk panitia qurban. Panitia qurban terdiri dari guru dan karyawan SD Muhammadiyah Ponorogo. Panitia juga melaksanakan tugasnya masing-masing. Tugas tersebut terbagi atas beberapa bagian yaitu, bagian penyembelihan, penimbangan, dan pendistribusian daging.
Penyembelihan dan penimbangan hewan qurban dilaksanakan di tempat yang berbeda. Penyembelihan dilakukan oleh bapak-bapak sedangkan ibu-ibu melaksanakan kegiatan penimbangan. Seperti biasa penyembelihan hewan qurban membutuhkan tenaga yang banyak karena hewan qurban ukurannya cukup besar. Pada saat tubuh hewan qurban sudah tergeletak di tanah, di ikatlah kaki bagian depan dan belakang. Walaupun kaki telah terikat harus tetap ada orang yang berjaga serta mengawasi kaki dan badannya karena ditakutkan hewan qurban mengamuk dan tak terkendali. Ketika hewan qurban terpantau aman maka semua pihak penyembelih mengumandangkan takbir Allahu Akbar Allahu Akbar Laa ilaaha illallaahu wallahu Akbar, Allahu Akbar walillaahil hamd bersamaan dengan disembelihnya hewan qurban. Setelah itu hewan qurban dibersihkan dan dipotong untuk memudahkan ibu-ibu dalam proses penimbangan. Banyaknya daging yang ditimbang harus sesuai dengan jumlah yang sudah ditetapkan. Setelah penimbangan daging qurban selesai, dilanjutkan proses pendistribusian daging. Daging qurban didistribusikan kepada sebagian siswa dan warga sekitar lingkungan SD Muhammadiyah Ponorogo. Panitia juga juga menyalurkan daging qurban kepada guru dan karyawan SD Muhammadiyah Ponorogo beserta warga di sekitar tembat tinggalnya. Pendistribusian daging berjalan dengan lancar. Semua tugas terlaksana dengan baik. Tak lupa kami selaku warga SD Muhammadiyah Ponorogo mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442H. Semoga kita senantiasa dapat meneladani ketaatan dan keikhlasan Nabi Ibrahim dalam berqurban untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.