Kerjasama SD Muhammadiyah Ponorogo Dengan UMMI Dalam Mencetak Generasi Qur’ani

Mengawali tahun pelajaran 2021/2022 SD Muhammadiyah Ponorogo dalam rangka mewujudkan generasi-generasi Qur’ani masa depan yang memiliki kompetensi baik dalam bidang Al-Qur’an khususnya, Pada tahun ajaran 2021/2022 ini SD Muhammadiyah Ponorogo bekerja sama langsung (MOU) dengan lembaga bina baca Al-Qur’an yaitu UMMI FOUNDATION.


Pengajar khusus dari UMMI FOUNDATION yang sudah terseleksi dan terserfikasi yang nantinya akan mendidik dan membersamai siswa siswi SD Muhammadiyah Ponorogo dalam belajar Al-Quran. Untuk saat ini sudah di implementasikan pada tingkatan kelas 1 & 2. Insyaallah akan terus berlanjut dan bertambah untuk tahun ajaran selanjutnya.


Ada beberapa alasan mengapa SD MUHAMMADIYAH PONOROGO menggunakan metode UMMI yang antara lain adalah :
Strategi 3 Pendekatan Bahasa Ibu


1. Direct Method (Langsung)
Yaitu langsung dibaca tanpa dieja/diurai atau tidak banyak penjelasan. Atau dengan kata lain learning by doing, belajar dengan melakukan secara langsung.

2. Repetition (Diulang-Ulang)
Bacaan Al Quran akan semakin kelihatan keindahan, kekuatan, dan kemudahannya ketika kita mengulang-ulang ayat atau surat dalam Al Quran. Begitu pula seorang ibu dalam mengajarkan bahasa kepada anaknya. Kekuatan, keindahan, dan kemudahannya juga dengan mengulang-ulang kata atau kalimat dalam situasi dan kondisi yang berbeda-beda.

3. Affection (Kasih Sayang Yang Tulus)
Kekuatan cinta, kasih sayang yang tulus, dan kesabaran seorang ibu dalam mendidik anak adalah kunci kesuksesannya. Demikian juga seorang guru yang mengajar Al Quran jika ingin sukses hendaknya meneladani seorang ibu agar guru juga dapat menyentuh hati siswa mereka.

KEKUATAN METODE UMMI
1. Metode Yang Bermutu
Metode yang bermutu yang terdiri Pra TK, Jilid 1-6, Buku Ummi Remaja/Dewasa, Ghorib Al-Quran, Tajwid Dasar beserta alat peraga dan Metodologi Pembelajaran

2. Guru Yang Bermutu
Semua guru yang menagajar Al-Quran Metode Ummi diwajibkan minilam melalui tiga tahapan, yakni tashih, tahsin dan sertifikasi guru Al-Quran, dengan kualifikasi Guru Metode Ummi sebagai berikut.

Tartil baca Al-Quran
Menguasai Ghoribul Quran dan Tajwid Dasar
Terbiasa Membaca Al-Quran Setiap Hari
Menguasai Metodologi Ummi
Berjiwa Da’i dan Murobbi
Disiplin waktu
Berkomitmen pada mutu

3. Sistem Berbasis mutu
Sistem berbasis mutu yang dikenal dengan 10 Pilar sistem mutu Ummi Foundation. Untuk mencapai hasil yang berkualitas semua pengguna metode ummi dipastikan menerapkan 10 pilar sistem mutu. pilar mutu satu dengan yang lain adalah rangkai yang tidak dapat dipisahkan dalam implementasinya.

By: Muslimin, S.PdI

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.