Peringatan Maulid Nabi Muhammad dan Sumpah Pemuda di SD Muhammadiyah

Hari Rabu dan Kamis tanggal 27 dan 28 Oktober 2021, seluruh keluarga besar SD Muhammadiyah menyelenggarakan kegiatan lomba dalam rangka peringatan Maulid Nabi dan Sumpah Pemuda. Kegiatan sengaja diselenggarakan dalam waktu dua hari agar pelaksanaan lomba bisa diikuti oleh seluruh siswa SD Muhammadiyah dengan maksimal, mengingat kita masih berada dalam masa pandemi, jadi kita tetap harus mengutamakan keselamatan dengan menghindari kerumunan.
Pada hari Rabu perlombaan diikuti oleh siswa kelas 2, 4, dan 6. Dan hari Kamis diikuti oleh siswa kelas 1, 3, dan 5. Adapun perlombaan yang diikuti oleh seluruh siswa adalah sebagai berikut;

1. Mewarnai untuk kelas 1,2, dan 3.
2. Membaca teks sumpah pemuda untuk siswa kelas 1-3.
3. Menggambar kaligrafi untuk kelas 4,5, dan 6.
4. Cipta Puisi untuk kelas 4,5 dan 6.
5. Hafalan surat untuk siswa kelas 1-3 dan hafalan al qur’an untuk siswa kelas 4-6.
6. Fashion show menggunakan baju adat untuk siswa kelas 1-6

Masing-masing perlombaan diambil 6 juara, juara 1-3 mendapatkan piala dan sertifikat, juara 4-6 mendapatkan sertifikat. Perlombaan berjalan dengan meriah, semua siswa sangat antusias mengikuti perlombaan, karena sudah hampir 2 tahun kegiatan seperti ini belum pernah diadakan. Tahun ini, perdana SD Muhammadiyah menggelar perlomban secara langsung, dan alhamdulillah semua berjalan lancar sesuai rencana. Di akhir acara, seluruh siswa berkumpul untuk makan pelangan bersama, karena hal ini sudah menjadi tradisi dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad.

Selain acara perlombaan tersebut, SD Muhammadiyah juga melaksanakan kegiatan Tasmi’ Al Qur’an yang dilangsungkan secara live Youtube. Banyak metode yang digunakan untuk menghafal Al Qur’an salah satu metode yang kita gunakan adalah metode tasmi’. Tasmi’ mempunyai arti mendengar, dengan harapan seluruh siswa bisa menghafal Al Qur’an dengan mendengarkan lantunan Al qur’an yang dibacakan oleh siswa kelas 1 dan kelas 6 secara bergantian.

Tujuan diadakannya perlombaan tersebut tak lain adalah untuk memupuk semangat belajar siswa siswi SD Muhammadiyah serta meningkatkan rasa cinta tanah air, serta menambah pengalaman yang menarik. Dan yang terpenting adalah siswa bisa meneladai dan mencontoh akhlak yang baik dari Nabi Muhammad SAW.

By: Galih Mego Wulan,S.Pd

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.