PERSIAPKAN ANBK 2021, GELAR SIMULASI TAHAP 2

Persiapan ANBK terus di gelar, karena memang tahun ini merupakan kali pertama pelaksanaan ANBK di Indonesia untuk siswa kelas 5 tingkat SD, kelas 8 tingkat SMP, dan kelas 11 pada tingkat SMA. Kegiatan simulasi dilaksanakan sebanyak 2 kali agar nantinya tidak ada kendala teknis pada saat hari H berlangsung. Simulasi pertama sudah dilaksanakan pada hari Kamis, 2 September 2021. Oleh karena itu pada bulan Oktober ini dilaksanakan simulasi kedua sebelum nantinya akan dilaksanakan gladi bersih pada bulan November mendatang. Pada hari Jum’at, tanggal 22 Oktober 2021 dilaksanakan simulasi ANBK tahap kedua. Peserta yang berpartisipasi sama dengan peserta pada simulasi tahap pertama. Tidak ada perubahan dalam peserta ANBK pada simulasi ini. Jumlah anak yang berpartisipasi yakni 35 siswa. Peserta dibagi dengan pembagian 30 siswa utama dan 5 siswa cadangan. Untuk pembagian waktu juga tidak ada perubahan. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok, dan simulasi juga dilaksanakan dalam 2 shift karena saat ini masih dalam kondisi pandemi maka harus menghindari kerumunan. Waktu pengerjaan shift pertama dimulai pukul 08.30 – 09.30 WIB sedangkan waktu pengerjaan pada shift kedua dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 11.00 WIB.

Berbeda dengan simulasi tahap pertama, pada saat pelaksanaan simulasi tahap kedua siswa sudah lebih menguasai dan lebih terbiasa dalam pengoperasian komputer. Siswa juga sudah tidak asing lagi dengan tipe soal yang diujikan, seperti pilihan ganda, benar salah, pilihan ganda kompleks, uraian, uraian tertutup, dan menjodohkan. Hal tersebut dapat terjadi karena siswa sudah terbiasa saat proses pembelajaran dan juga kegiatan ulangan sekolah yang didesign seperti tipe soal AKM. Peserta simulasi juga dibekali dengan latihan soal yang bisa diakses kapanpun menggunakan jaringan internet yang dapat diakses via laptop maupun handphone (HP). Pada tampilan latihan soal tersebut sama dengan tampilan pada saat simulasi, jadi siswa dapat mempelajarinya dan berlatih kapanpun dan dimanapun agar nantinya dapat dengan lancar pada saat ANBK dilaksanakan.

Pada saat pelaksaan simulasi tahap kedua, siswa didampingi oleh Kepala Sekolah (Ibu Hartiningsih, S.Pd), Wali Kelas V, dan Operator Sekolah. Tidak hanya itu, kegiatan simulasi tahap kedua juga dikunjungi oleh pihak LPMP Jatim(Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Timur) dan Dinas Pendidikan Ponorogo. Pihak LPMP Jatim diwakili oleh Ibu Sri Widodi sedangkan dari Dinas Pendidikan Ponorogo diwakili oleh Bapak Edy S. Widodo. Pelaksanaan simulasi berjalan lancar. Harapan dari semua pihak untuk ANBK 2021 semoga berjalan lancar, tidak ada kendala yang berarti, dan juga mendapatkan hasil yang memuaskan.

By: Rohima, S.Pd

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.