Pelaksanaan Vaksin di SD Muhammadiyah Ponorogo

SD Muhammadiyahh Gelar Vaksinasi Anak Usia 6 – 12 Tahun

Demi kelancaran dan keamanan proses pembelajaran tatap muka, SD Muhammadiyah Ponorogo menggelar vaksinasi anak usia 6 – 12 tahun. Vaksinasi covid 19 dosis pertama dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Januari 2022. Kegiatan vaksinasi diikuti oleh siswa kelas 1 – 6. Jenis vaksin yang digunakan yaitu Sinovac. Anak-anak yang divaksin dalam kondisi sehat. Bagi anak yang sedang sakit pada hari H kegiatan vaksinasi, maka kegiatan vaksinasi dilakukan menyusul saat anak-anak sudah benar-benar sembuh serta kondisi tubuh yang fit.
Agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan pasca imunisasi, maka petugas melakukan screening atau pemeriksaan termasuk suhu tubuh hingga riwayat penyakit yang dimiliki oleh anak. Masing-masing anak diberikan lembar screening yang akan diisi oleh orang tua untuk memastikan kesehatan anak. Kegiatan vaksin juga dilakukan dengan pendampingan secara khusus oleh orang tua/wali agar anak merasa tenang saat pemberian vaksin. Waktu pemberian vaksin dilakukan secara bergantian atau dalam bentuk shift. Hal tersebut agar tidak menimbulkan kerumunan dan juga antrian yang panjang demi mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid 19.
Kegiatan vaksinasi kali ini didukung penuh oleh Puskesmas Ponorogo. Camat Ponorogo dan juga Babinsa (Bintara Pembina Desa) melakukan kunjungan langsung ke SD Muhammadiyah saat kegiatan vaksinasi berlangsung. Untuk Babinsa ikut membantu dalam menjaga keamanan saat kegiatan vaksinasi. Setelah pemberian vaksin pada anak selesai, anak dapat berfoto pada photoboth yang telah disediakan. Selain itu siswa juga dapat mengupload twibbone “Saya Sudah Divaksin” guna untuk mendukung gerakan vaksin pada anak SD. Vaksinasi merupakan salah satu bentuk ikhtiar agar terhindar dari virus covid 19. Semoga vaksinasi dapat benar-benar ikut serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Harapannya bahwa vaksinasi nantinya bermanfaat dalam membentuk kekebalan tubuh anak sebagai upaya pencegahan virus covid 19 sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang aman, nyaman, lancar, serta menyenangkan.

Humas
SD Muhammadiyah Po
SD Kesatria

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.