Halal Bi Halal Keluarga SD Muhammadiyah Ponorogo 1443H

Halal bihalal adalah kegiatan bermaaf-maafan yang bertujuan untuk mengharmoniskan hubungan kekerabatan yang dilakukan setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan. Namun, Kalimat halal bihalal tidak hanya terkhusus pada urusan maaf memaafkan, melainkan juga saling menghalalkan. Artinya, benar-benar memaafkan baik secara lahiriah maupun batiniah.
Tradisi ini memang hanya ada di negara kita Indonesia, tetapi tidak ada salahnya kita ikut memeriahkan hari Raya Idul Fitri tahun ini dengan mengadakan kegiatan Halal Bihalal. Meskipun kita tahu, saling memaafkan tidak hanya dilaksanan ketika hari Raya saja. Kita harus menyadari bahwa tujuan halal bihalal adalah untuk mengharmoniskan hubungan antar kerabat dekat.
Pada hari Minggu, 15 Mei 2022 SD Muhammadiyah mengadakan kegiatan Halal Bihalal bersama seluruh keluarga besar pendidik dan tenaga kependidikan SD Muhammadiyah.
Kegiatan Halal Bihalal kali ini perdana dilaksanakan setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi. Tentu saja seluruh keluarga besar SD Muhammadiyah sangat antusias melaksanakan kegiatan ini. Seluruh panitia sudah merancang dan mempersiapkan yang terbaik demi kemeriahan acara halal bihalal ini.
Yang lebih menarik dari kegiatan ini adalah, panitia juga mengundang seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang dulu pernah mengabdi di sekolah ini. Terlihat para alumni juga menghadiri undangan dengan penuh suka cita. Dengan adanya kegiatan ini, selain bertujuan untuk melebur dosa, kami juga bisa saling melepas rindu dan bertukar kabar setelah sekian lama tidak berjumpa.
Kegiatan diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci al quran oleh siswa siswi SD Muhammadiyah, sambutan-sambutan, dan acara inti yaitu tausiah yang diisi oleh Ustdz Dr. H. Darmani, MA.
Inti dari tausiah yang disampaikan adalah bahwa kita harus memahami makna halal bihalal itu sendiri. Jadi kita tidak boleh menekankan kegiatan saling memaafkan ini hanya pada saat hari raya idul fitri saja, namun setiap hari dalam kehidupan bersosial kita harus terbiasa bersikap baik agar tidak membuat seseorang sakit hati atas perilaku kita. Karena meminta maaf itu sendiri juga harus didasari kesadaran dan mengesampingkan ego kita. Sedangkan memaafkan juga memerlukan keihklasan yang tinggi.

Kegiatan halal bihalal ditutup dengan acara ramah tamah. Seluruh keluarga besar SD Muhammadiyah terlihat berbaris rapi ketika mengantre mengambil menu makanan dan minuman yang disedikan.
Semoga silaturahmi di antara kita semua tetap terjalin dengan baik. Jayalah terus SD Muhammadiyah. Sampai jumpa pada kegiatan halal bihala tahun depan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.