Uncategorized

Ciptakan Momen Spesial pada Kegiatan Pondok Ramadhan SD Muhammadiyah Ponorogo

Haloo sahabat, kegiatan Pondok Ramadhan di SD Muhammadiyah Ponorogo dilaksanakan pada hari Jum’at (29/03/2024) – Ahad, (31/03/2024). Bertepatan dengan Ramadhan ke-19, dilaksanakan “Pembukaan Pondok Ramadhan” bagi siswa-siswi kelas 5 dan kelas 6 SD Muhammadiyah Ponorogo.
Seperti yang telah kita ketahui bahwa bulan Ramadhan adalah bulan suci dimana umat Muslim melaksanakan puasa, shalat tarawih, dan tentunya dianjurkan untuk meningkatkan iman dan taqwa dengan berbagai cara. Seperti melakukan shalat malam, membaca Al-Qur’an, memperbanyak sadaqah, dan masih banyak lagi.
Momen spesial tercipta dalam pelaksanaan Sholat Tarawih di acara Pondok Ramadhan kali ini. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Pengawas Sekolah Dasar, Kepala SD se-Kec Ponorogo, dan Komite SD Muhammadiyah Ponorogo turut hadir dalam kegiatan tersebut.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Drs. H. Nurhadi Hanuri M.M. menyampaikan kultum usai pelaksanaan Sholat Tarawih.
“Pembiasaan yang dilaksanaan sebelum dan setelah sholat tarawih di SD Muhammadiyah Ponorogo dapat meningkatkan Pendidikan karakter pada anak.” Ungkapnya
Pembiasaan sholat sunnah rawatib dan pelafalan dzikir secara nyaring merupakan salah satu upaya meningkatkan motivasi ibadah dalam diri anak. Hal tersebut merupakan salah satu implementasi Profil Pelajar Pancasila yakni Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo juga memberikan semangat kepada peserta didik dengan bercerita bahwa semua anaknya merupakan alumni SD Muhammadiyah Ponorogo yang saat ini telah lulus dan berprofesi sebagai dosen. Hal tersebut menjadi motivasi terhadap siswa-siswi bahwa lulusan SD Muhammadiyah Ponorogo memiliki karakter yang positif serta memiliki peluang yang besar untuk melanjutkan ke jenjang karir yang lebih tinggi.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dua malam ini , diharapkan dmenjadi kegiatan yang dapat memberikan kesan baik bagi anak- anak. Mereka dapat memahami bahwa puasa Ramadhan adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan bagi seorang muslim. Bergembira berpuasa adalah ciri orang beriman.
Semoga anak-anak tumbuh menjadi anak yang beriman kepada Allah SWT, sehat, dan berakhlak mulia. Aamiin
Tim Kreatif SDMuhPonorogo

One thought on “Ciptakan Momen Spesial pada Kegiatan Pondok Ramadhan SD Muhammadiyah Ponorogo

  • Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *